Cara Membuat Template Blogger part 1

Dalam trik berikut,kita akan mencoba membuat template yang plng sederhana dan paling mudah.Sebenarnya dalam membuat templates harus mengrti tentang CSS dan HTML, tapi untuk kali ini kita hanya memperlukan sedikit kemampuan tersebut karna kta akan membuat template yang paling sderhana. Walaupun caranya sederhana, tapi hasilnya bisa sangat luar biasa,tergantung desainernya sih !!


Gini caranya....sebenarnya sih gampang(padahal yang posting ni blogger blum pernah =) wkwkw) yaitu dngn cara kita mendownload template kemudian kita otak-atik sendiri,jadi kita tak perlu mmbuta dari awal.Untuk bahan paraktek klik disini(SEBELUM KITA MULAI)


Tahap Desain

template yang akan kita buat disini memiliki empat bagin yaitu Background,Header,Main dan Footer seperti yang ada dalam berikut


Jadi kamu harus buat empat komponen tsb,cara buatnya akamu harus bisa menggunakan Software image editor sprti photoshop,corel,photoscape,paint, dll lebih jelasnya kaya gini:

1.Buat desain seperti diatas

2.Pada bagian Background usahakan bersifat"tile/pattern" (kecil dan berulang-ulang)

3.Untuk MAIN dibagi lagi menjadi beberapa kolom,boleh 2 kolom,3 kolom atau terserah deh.Dan biasanya terdiei dari bagian utama(posting) dan sidebar.
4.Kemudian potong-potong perbagian.
5.Untuk HEADER motongnya harus FULL
6.Bagian BACKGROUND,MAIN dan FOOTER motongnya sedikit aja karena bersifat TILE
7.Deasin di atas kalau di potong menjadi gini::
klik http://kendhin.890m.com/template/head.jpg
8.Upload potong-potongan tsb pada sebuah webhosting atau layanan penyimpanan file lainnya. Contohnya digeocities atau photobucket dll/.





bersambung

Komentar